Sabtu, 12 April 2014

           Terbatasnya resource dan bandwith pada saat kita berlangganan internet, ini membuat saya berpikir untuk memperoleh informasi dinternet dengan cepat dan efisien. Karena efisensi waktu akan memudahkan pekerjaan kita. Untuk itu saya coba memakai Fitur RSS feed yang ada di handphone maupun laptop/PC. Pemanfaatan RSS feed kurang maksimal karena banyak orang yang masih awam dengan aplikasi ini. Saya akan mencoba untuk sedikit menjelaskan tentang RSS feed.
           RSS feed adalah aplikasi yang digunakan untuk mengambil inti postingan dari webstite maupun blog, sehingga tampilan-tampilan yang tidak perlu tidak ditampilkan. RSS feed sudah banyak digunakan pada ponsel, PC, dan gadget lainnya. Saya akan berikan sedikit contoh tampilan antara website asli dan tampilan di RSS feed.
Ini adalah tampilan web asli

















Dan tampilan dengan RSS feed
 Terlihat sangat berbeda karena pada tampilan website asli, terdapat sidebar dan visual template. dan pada tampilan RSS feed hanya terdapat postingan yang sudah disaring sehingga hanya inti dari informasi saja yang masuk. Dari sisi tampilan mungkin tampilan website asli masih lebih unggul, tetapi kecepatan load data dan bandwith tampilan RSS feed lebih unggul.
          Untuk memanfaatkan fitur ini pada handphone/ gadget kita bisa melakukan beberapa langkah. Secara umum aplikasi RSS feed pada ponsel sudah langsung ada menu tambah feed, menu feed, dan hapus feed. Saya sudah mencoba pada handphone saya, dan berhasil. Proses sangat cepat, dan tidak menghabiskan banyak kuota internet. Untuk menemukan alamat feed silahkan bowsing di google. Salah satu situs yang saya feed contohnya adalah: www.antara.co.id/rss/news.xml.
Mungkin ini hanya contoh saja, masih banyak situs-situs lain yang punya fitur RSS feed. Selamat mencoba!

Categories: ,

1 komentar:

  1. oh ya, di hpq ada tapi ndak tau fungsinya. hehe. thanks infonya

    BalasHapus

Berlangganan dengan RSS Feed Follow me on Twitter!