Minggu, 13 April 2014

       

         Cartirdge adalah bagian penting pada printer yang berfungsi sebagi pegatur keluaran tinta ke kertas. Cartirdge juga menjadi penampung tinta printer. Umumnya ada 2 kartridge, yaitu kartride warna (kuning, Merah, dan Magenta) dan hitam. Banyak masalah printer yang pernah ditimbulkan, baik itu karena pemakaian terus-menerus, maupun jarang dipakai. Berikut ini adalah cara untuk masalah printer yang mengalami tinta macet, antara lain:  
    
1. Keluarkan Cartridge, dengan membuka tutup printer kemudian angkat cartridge dari head printer.
2. Bersihkan Cartridge, gunakan tisu untuk membersihkan tinta yang ada di sekitar cartidge.
3. Masukkan cartride pada kantong Palstik, gunakan plastik yang tidak bocor kemudian tutup rapat-rapat. Ini akan digunakan untuk pelindung pada saat perendaman cartridge.
4. Rendam dengan Air Hangat, masukkan cartridge yang sudah dibungkus dengan kantong plastik tersebut kedalam air hangat. Gunakan wadah gelas atau benda yang kira-kira cukup untuk menenggelamkan cartridge ke dlamnya.
5. Isi tinta ke Cartridge, Setelah direndam, bersihkan cartridge dengan tisu. Kemudian taruh tisu dibawah cartridge. Ini bertujuan untuk pancingan agar tinta yang kering bisa keluar. Pada saat yang sama inject tinta ke dalam cartridge dengan pelan-pelan. Taruh cartridge tersebut diatas tisu sampai cartridge sudah lancar dalam mengeluarkan tinta.
Pada tips diatas sudah seringa saya coba pada printer yang tidak modif dengan infus. Kalau dengan infus, mungkin ada cara tambahan yang harus dilakukan.
Selama Mencoba!
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berlangganan dengan RSS Feed Follow me on Twitter!