Minggu, 13 April 2014

          Hobi memelihara ikan hias banhak diminati karena bisa digunakan untuk menghilangkan penat. Ketika kita mempermak akuarium kita sedemikian rupa, ikan-ikan yang berenang di dalamnya pun terlihat menawan. Tetapi jika kita hanya melakukan perawatan pada akuariumnya saja sepertinya kurang. Karena ikan adalah makhluk hidup yang ingin diperlakukan dengan semestinya. Disini saya akan memberikan tips merawat ikan agar ikan anda merasa nyaman dan bisa berumur panjang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

1. Air, ini merupakan tempat untuk berlindung bagi ikan. Jadi kita harus menjaga agar air agar tetap bersih. Perawatan untuk penggantian minimal  hari sekali, jadi jangan sampai berkerak.
2. Pakan, pakan ikan yang kita berikan pada ikan, harus kita sesuaikan dengan rongga mulut ikan. Pakan yang berprotein tinggi biasanya lebih diminati ikang cupang. Biasanya mempunyai ciri-ciri mempunyai bau amis yang menyengat.
3. Obat, ikan yang sedang sakit biasanya membenturkan badannya ke akuarium. Ini biasanya karena terjangkit penyakit white spot. Penyakit ini adalah penyakit kulit yang diderita oleh ikan. Jika dibiarkan, ikan akan mati karena tersiksa rasa gatal dan membenurkan badannya ke tembok. Untuk itu ada banyak obat yang disediakan untuk ini, yaitu "Blitz Itch". Obat ini sangant mudah didapatkan dipasara, terakhir saya beli harganya 5rb rupiah. Pemberiannya jangan terlalu banyak karena ikan akan mabuk. Takarannya 1 tetes per 5 liter air.
4. Sinar Matahari, untuk menghangatkan tubuh air. Proses ini juga bisa termasuk terapi untuk mematikan kuman-kuman yang ada di akuarium. Proses penjemuran tidak perlu lama-lama, hanya sekitar satu jam saja untuk menjaga suhu agar tetap stabil
5. No fight, bagi anda yang benar-benar pecinta ikan cupang alangkah baiknya jika tidak dibuat untuk pertarungan. Karena ini akan mempengaruhi kondisi psikis ikan. Jika ikan sudah kalah, diaakan cenderung tidak berani dan kurang agresif. Ini akan membuat ikan stress dan akhirnya mati. Sirip-sirip yang patah karena pertarungan ikan juga ikut andil dalam mengakhiri hayat ikan ini.
Sekian Mungkin tips yang pernah saya dan rekan saya coba. Umur ikan biasanya mencapai 2 tahun maksimal saat dewasa. Jadi jika anda bisa sampai mencapainya saat memelihara ikan mulai dari burayak anda bisa dikatakan berhasil.
Selamat Mencoba!

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Berlangganan dengan RSS Feed Follow me on Twitter!